herlangga juniarko

Powered By Blogger

Tuesday, September 16, 2014

Pembaca Anak


oleh: Herlangga

            Buku adalah jendela dunia. Itulah yang biasa kita dengar dari berbagai media. Seseorang dapat mendapat berbagai macam pengalaman hidup dengan membaca. Buku juga adalah sarana memanusiakan manusia, karena pada hakikatnya sebuah karya adalah gambaran dari budaya masyarakatnya.
            Oleh karena itu, orang tua yang baik adalah orang tua yang mengajarkan anaknya membaca sejak dini. Dengan mengajarkan anak-anaknya membaca sejak dini tentu saja akan semakin mempercepat asupan pengetahuan dan pengalaman kepada anak. Ini juga penting bagi daya perkembangan psikologi anak. Perkembangan intelejensi juga akan sangat cepat berkembang.
            Tetapi tentu saja bacaan yang diberikan kepada anak tidak mentah-mentah disamakan dengan bacaan umum. Bacaan untuk anak-anak pastinya berbeda dari segi cerita juga bahasa yang digunakan. Bahasa untuk anak-anak yang baik adalah bahasa yang ringan dan mudah dicerna. Biasanya pula buku untuk anak-anak memuat gambar-gambar yang menarik untuk meningkatkan imajinasinya.
            Namun, itulah maslah utamanya. Saat ini buku bacaan untuk anak-anak
masih sangat kurang. Ini tentu sangat mengkhawatirkan perkembangan intelejensi dan psikologis anak. Jika anak-anak hanya mengandalakan pengalaman bermain saja dalam perkembangannya, orangtua tidak dapat memantau perkembangan anak-anak mereka. Lingkungan terkadang sangat berbahaya bagi perkembangan anak maka buku bisa menjadi solusi dalam pengawasan perkembangan anak. Tetapi buku yang memang khusus diterbitkan untuk anak-anak malah sangat kurang.
            Beberapa percetakan memang telah menerbitkan buku-buku khusus untuk anak, contohnya serial petualangan anak yang dikeluarkan oleh mizan hanya seperti selingan saja dalam dunia perbukuan. Tidak ada pempromosian agar orangtua mau membeli buku-buku tersebut.
            Cerita-cerita yang diangkat dalam buku-buku untuk anak-anak pun sebaiknya menceritakan kebudayaan Indonesia. Contoh yang sangat baik adalah dari komik-komik pewayangan karya R.A Kosasih yang mampu menyentuh budaya dasar Indonesia dengan komik sederhananya. Komik tersebut memiliki daya tarik sendiri dan seperti menjadi bacaan wajib agar mengetahui nilai-nilai dasar budaya Indonesia. Meskipun komik tersebut merupakan komik lama tetapi jika memang sangat baik maka tidak akan kalah oleh waktu.
            Begitu pun buku-buku cerita untuk anak, seharusnya ada sebuah niatan dari penulis buku anak untuk membuat anak-anak mampu berkembang dengan baik sehingga sebuah buku tidak hanya menjadi selingan. Dengan begitu, anak-anak akan mempunyai bacaan khusus dan pembaca dari kalangan anak-anak pun akan meningkat.

No comments:

Post a Comment