herlangga juniarko

Powered By Blogger

Thursday, March 10, 2016

Regional Bandung 2016


            Minggu pagi, 6 Maret 2016 kemarin terlihat beberapa orang berkumpul di depan sebuah toko hobi bernama Planet Comic. Sembari memegang album berisi kartu, mereka mengutak-atik beberapa sekumpulan kartu yang akan mereka gunakan untuk turnamen Yugioh  Regional Bandung 2016. Terdapat 37 peserta yang hendak memperebutkan hadiah berupa 12 booster Dragon Legend 2 dan 1 booster Gold Series 5, beserta poin untuk mendapatkan wildcard atau tiket 64 besar NATS (National Tournament ) 2016 ini.
            Para Duelist (sebutan player Yugioh) sendiri ada yang sudah datang sedari jam 9 pagi meskipun acara baru dimulai jam 10, tetapi ada pula yang datang agak terlambat. Namun semua dapat terkondisikan dengan baik. Peserta yang datang cukup beragam meskipun turnamen ini adalah regional bandung tetapi acara sendiri terbuka untuk umum sehingga terdapat duelist dari luar Bandung seperti Palembang, Cirebon, Sumedang, dan Karawang  ikut berdatangan.
            Acara dimulai pukul 10.00 dengan diawali daftar ulang para peserta adapula yang baru mendaftar. Masalah terjadi saat peserta yang mendaftar melebihi prediksi sehingga kursi yang tersedia tidak mencukupi. Kursi yang tersedia saat itu adalah 28 sedangkan peserta terdapat 37. Meski begitu, masalah ini dapat diselesaikan dengan membagi duel menjadi 2 shift setelah para panitia melakukan diskusi. Pembagian shift sendiri berupa meja 1 hingga 14 shift pertama, sedangkan 15 hingga 20 shift kedua.
            Duel dimulai pukul 11.00, terdapat 5 round untuk setiap peserta untuk diambil top 8. Setiap round diberi waktu selama 30 menit dan 5 menit tambahan waktu. Duel berlangsung dengan sangat baik tanpa ada kendala. Pembagian shift pun berlangsung dengan baik tanpa ada kericuhan.
            Pukul 16.30 Swiss round selesai dan diambil top 8 untuk diadu kembali. Peserta yang masik top 8 diantaranya, Muhammad Rizki Aiman(Palembang), Dimas Ariadi(Bandung), Andry Redima(Bandung), Rizky Fauzi (Bandung), Zulkifli Yusuf (Bandung), Rizky Widyayulianto (Bandung), Ahmad Fitriansyah (Palembang), dan Gugun Farmansyah (Bandung). Duel kedelapan peserta pada babak ini berlangsung dengan lancar dan berhasil membawa Muhammad Rizky Aiman asal Palembang menjadi juara setelah mngalahkan Rizky Widyayulianto di partai final.
           Dengan keluarnya Muhammad Rizky Aiman sebagai juara, ia mendapatkan 2 poin dari Regional Bandung ini. Untuk mendapatkan Wildcard, ia membutuhkan 1 poin lagi dari Regional di beberapa kota.
            Acara Regional Bandung ini sendiri masih jauh dari kata sempurna. Beberapa kekurangan dan masalah masih ada meski mampu diatasi dengan baik diantaranya waktu buka toko yang terlalu dekat dengan waktu acara sehingga peserta yang mendaftar bercampur dengan peserta yang mendaftar ulang, kursi yang kurang, serta hadiah yang banyak dikeluhkan peserta. Namun, acara yang berlangsung masih cukup memberikan kesan bagi para pesertanya.
            Regional Bandung yang telah berhasil diadakan ini diharapakan mampu menarik duelist baru untuk ikut bergabung dikomunitas sehingga terjadi regenerasi duelist dan membuat yugioh tetap hidup di Bandung. Acara ini juga semoga mampu membuat komunitas dan Duelist menjadi lebih bersemangat dan bahagia.

2 comments: