herlangga juniarko

Powered By Blogger

Thursday, October 6, 2011

Bahasa Indonesia Mulai Menggusur Bahasa Daerah

Oleh : Herlangga Juniarko

            Bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa yang berasal dari bahasa melayu riau dan kini sudah banyak menyerap kata-kata dari bahasa lain, seperti bahasa daerah kita sendiri. Tapi akhir-akhir ini mulai terjadi fenomena yang sedang mewabah pada bangsa kita, kini bahasa indonesia sedikit demi sedikit telah menggusur bahasa daerah yang merupakan bahasa kebudayaan kita. Bahasa indonesia memang penting tapi bahasa daerah juga punya ha yang sama untuk terus diabadikan meskipun hanya dituturkan di sebagian tempat saja.
            Bayangkan saja, ibu kita kini lebih senang mengajari anaknya bahasa indonesia terlebih dahulu karena dianggap lebih keren, selain itu bahasa indonesia juga masuk dalam mata pelajaran yang diujian nasionalkan, sehingga bahasa indonesia memiliki jam pelajaran di sekolah lebh lama dan lebih diutamakan, walupun bahasa indonesia memang seharusnya lebih diutamakan karena pemersatu bangsa, namun akibatnya bahasa indonesia telah menyingkirkan bahasa daerah sebagai bahasa kebudayaan. Hal ini ditambah dengan jam pelajaran mulok yang hanya sekilas dan juga pandangan masyarakat yang telah memberi nilai lebih pada bahasa indonesia.
            Fakta lainnya, menurut data dari republika.si.id pada Selasa, 22 Pebruari 2011 22:09 WIB, terdapat 742 bahasa daerah di Indonesia, hanya 13 bahasa yang penuturnya di atas satu juta orang. Artinya terdapat 729 bahasa daerah lainnya yang berpenutur di bawah satu juga orang. Di antara 729 bahasa daerah, 169 di antaranya terancam punah, karena berpenutur kurang dari 500 orang.
            Dari data tersebut maka pengguna bahasa indonesia yang tak bisa berbahasa daerah diperkirakan lebih dari 1 juta orang dan mungkin angka tersebut masih bisa bertambah jika para orang tua terus berpikir bahwa bahasa indonesia lebih baik dari pada bahasa daerah. Selain itu pemerintah pun mulai menegaskan bahwa kita harus mulai menyelaraskan bahasa indonesia dan bahasa daerah dalam posisi yang tepat, juga jangan melulu bahasa indonesia yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang yang merupakan satu daerah.
            Oleh karenanya, orang tua sebaiknya mengajari bahasa daerah terlebih dahulu kepada anaknya, karena belajar bahasa indonesia akan lancar secara sendirinya, karena bahasa indonesia adalah salah satu bahasa yang mudah dipahami, mengingat banyak kata dari bahasa daerah yang diserap kedalam bahasa indonesia.

No comments:

Post a Comment